Pages

Labels

Friday 27 February 2015

Rahasia Persib Bandung Jadi Klub Paling Sehat

Risha Adi Wijaya, Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, sedikit membukan rahasia bagaimana Persib Bandung stabil dalam manajemen keuangan mereka selama ini.
sponsor-persib-bandung

"Kalau kami (Persib) mengacu kepada struktur organisasi ideal yang harus terdiri atas (misalnya) CEO, direktur teknik, pemasaran, operasional, keuangan, security offficer, media officer," ujar Risha.

Risha berpendapat klub harus melakukan survei mengenali apa yang diinginkan oleh masyarakat dari klub itu sendiri. "Berdasarkan hal tersebut kami mengembangkan berbagai usaha. Sumber pendapatan utama sepak bola ada lima (yaitu) sponsor, tiket, hak siar, transfer fee, dan merchandise."

"Urutannya prioritasnya bisa berbeda-beda antar klub. Dari lima 5 hal tersebut kami lalu memadukannya dengan aset kami yaitu pemain, logo, dan nama klub. Itu yang kami kembangkan," tutur Risha.

Dari lima sumber pendapatan utama sepak bola, Risha mengatakan sponsor memberikan pendapatan bagi Persib sebesar kurang lebih 60 sampai 70 persen, dan sisa 30 sampai 40 persen didapat dari empat sumber lainnya.

"Kami mencoba mengurangi presentasi kontribusi dari sponsor, karena sponsor datang dan pergi. Kami juga terus berupaya untuk mendapatkan pendapatan yang kontinuitas," 

Dari sisi pengeluaran, klub-klub Indonesia memiliki beban gaji yang bisa mencapai lebih dari 60 persen. Menurut Risa, alokasi gaji di klubnya bersifat relatif dan tergantung dari strategi dan target klub.

"Setiap klub punya budget tim yang cukup besar. Di dalam tim kan terpilah-pilah ada pemain lokal, asing, junior, senior. Tergantung target dulu, kalau ingin jadi juara harus punya budgeting yang cukup mumpuni. Tidak perlu pemain yang bintang semua karena tidak mudah juga mengurusnya,” pungkas Risha.

sumber sepakbola.com

0 comments:

Post a Comment